Problem-based learning with role-playing: An experiment on prospective mathematics teachers

Nissa, Ita Chairun and Sukarma, I Ketut and Sutarto, Sutarto (2020) Problem-based learning with role-playing: An experiment on prospective mathematics teachers. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 13 (1). pp. 14-32.

[img] Text
2.18 Problem Based Learning With Role Playing.pdf

Download (722kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan bermain peran terhadap pemecahan masalah calon guru matematika yang mengambil mata kuliah aljabar linier pada semester ketiga. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain post-test kelompok kontrol yang tidak setara. Empat puluh dua calon guru matematika terlibat dalam penelitian ini dan mereka dibagi menjadi kelompok eksperimen (diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan bermain peran) dan kelompok kontrol (diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah saja). Data dikumpulkan menggunakan tes dan rekaman video. Tes menghasilkan data tentang kemampuan calon guru untuk memecahkan masalah aljabar linier dan rekaman video yang menghasilkan transkrip diskusi calon guru ketika mereka memainkan suatu peran. Data dianalisis melalui dua tahap. Pertama, hasil tes dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji-F untuk mengukur varian kedua kelompok, kemudian mengukur normalitas data menggunakan interpretasi skewness dan kurtosis, dan akhirnya dilakukan uji-t satu pihak untuk mengukur perbedaan hasil tes antara kedua kelompok. Kedua, sampel hasil tes calon guru matematika dari kedua kelompok dan transkrip diskusi dianalisis secara kualitatif untuk memperkuat temuan kuantitatif dan mengungkapkan bagaimana pembelajaran berbasis masalah dengan bermain peran dapat mendukung pemecahan masalah pada calon guru matematika yang menempuh pendidikan guru. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan bermain peran lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah calon guru matematika daripada hanya melakukan pembelajaran berbasis masalah saja. Bermain peran memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat berpikir dan mengomunikasikan matematika secara formal dalam konteks pemecahan masalah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah, Bermain peran, Calon guru matematika, Pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: lp3m-repo
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:27
Last Modified: 28 Oct 2022 03:27
URI: http://repository.undikma.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item