BUKTI CORESPONDING: Pengembangan Teknologi Asistif Berbasis Mobile Application Pada Materi Metode Simpleks Untuk Membantu Mahasiswa Slow Learner

Sutarto, Sutarto and Bachtiar, Adam and Ardi, Raden Fanny Printi and Jarir, Jarir (2022) BUKTI CORESPONDING: Pengembangan Teknologi Asistif Berbasis Mobile Application Pada Materi Metode Simpleks Untuk Membantu Mahasiswa Slow Learner. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia. (Submitted)

[img] Text
Bukti Coresponding 2.24 Teknologi Asistif_ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi khususnya pada aplikasi mobile sudah sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir, begitu juga dengan teknologi pembelajaran yang diterapkan pada pendidikan tingkat menengah dan perguruan tinggi. Teknologi informasi memberikan dampak yang luas dalam proses pembelajaran terutama di masa pandemic. Dalam proses pembelajaran para pendidik sering kali dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya melakukan improvisasi dan inovasi dalam hal metode pembelajaran guna transfer pengetahuan kepada peserta didik agar menjadi lebih mudah dan menarik. Salah satu factor penentu keberhasilan pembelajaran adalah peralatan dan alat peraga pendidikan yang digunakan oleh pendidik harus tepat terkait materi dan medianya, terutama untuk membantu peserta didik yang slow learner yang membutuhkan prioritas khusus dalam proses belajar-mengajar. Salah satu cabang mata pelajaran atau mata kuliah yang membutuhkan intuisi dalam hal penyampaian materi pembelajaran adalah matematika. Dalam hal ini, penelitian ini mencoba membahas secara spesifik pembalajaran matematika pada metode simplex untuk penyelesaian persamaan linier berbasis mobile application menggunakan android. Dalam model aplikasi android yang telah dirancang dalam penelitian ini, para peserta didik diharuskan belajar secara mandiri dan dapat menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran dengan benar dan tepat waktu sesuai dengan materi pembelajaran yang diberikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Disamping itu pula melalui aplikasi android ini, pendidik dan wali peserta didik dapat dengan mudah memonitor proses dan hasil belajar para peserta didik setiap saat. Dengan ini diharapkan penelitian ini dapat membantu para peserta didik yang slow learner agar lebih termotivasi dalam proses pembelajaran matematika melalui aplikasi android.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Teknologi Asistif, Metode Simpleks, Slow Learner
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: lp3m-repo
Date Deposited: 29 Oct 2022 04:14
Last Modified: 22 Feb 2023 19:01
URI: http://repository.undikma.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item