Ahyansyah, Ahyansyah and Mawaddah, Sukma and Hastuti, Intan Dwi and Sutarto, Sutarto (2022) Implementasi Lesson Study pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika di Program Studi PGSD FKIP Universitas Negeri Malang. PeDaPAUD, 1 (1). ISSN e-ISSN (online) 2828-0369, p-ISSN (cetak) 2828-1748
Text
2.25 Implemetasi Lesson Study.pdf Download (837kB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi lesson study pada mata kuliah konsep dasar matematika di kelas A5E PGSD PP2 Universitas Negeri Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Pelaksanaan lesson study ini menggunakan tiga tahap yaitu plan, do, dan see. Kegiatan implementasi lesson study dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan sampel 37 mahasiswa kelas A5E PP2 semester satu mata kuliah konsep dasar matematika. Kegiatan plan terdiri dari (1) menentukan tim lesson study, menentukan dosen model, menentukan observer dan membuat lembar pengamatan observasi lesson study; (2) menentuan dosen pamong, menentukan kelas praktik lesson study, menentukan jadwal praktik mengajar lesson study dan (3) perancangan perangkat pembelajaran (RPP, Materi, media pembelajaran, LKM). Kegiatan do terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Sedangkan kegiatan see yakni membahas kelebihan dan kekurangan dari kegiatan do yang telah dilaksanakan baik dari dosen pamong, observasi 1 dan observer 2.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Lesson Study |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | lp3m-repo |
Date Deposited: | 29 Oct 2022 06:57 |
Last Modified: | 29 Oct 2022 06:57 |
URI: | http://repository.undikma.ac.id/id/eprint/511 |
Actions (login required)
View Item |