Sutarto, Sutarto and Dwi Hastuti, Intan and Muzaki, Ahmad (2021) Laporan Penelitian Terapan Tahun Anggaran 2021 : "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Conjecturing Siswa SMP". [Artefact]
Text
20. Syarat Tambahan_Laporan Penelitian Terapan 2021.pdf Download (12MB) |
Abstract
Proses conjecturing adalah proses membangun konjektur. Konjektur adalah ungkapan aktivitas mental untuk memecahkan masalah berdasarkan pengetahuan sebelumnya, yang kebenarannya perlu dibuktikan. membuat dan menyelidiki konjektur merupakan aktivitas penting karena berfungsi sebagai dasar untuk mengembangkan wawasan baru dan meningkatkan kajian yang lebih lanjut. Berdasarkan hasil tes kemampuan conjecturing siswa di MTs Nahdlatul Mujahidin dan SMPN 6 Mataram pada materi pola bilangan, diperoleh 82 % siswa belum berhasil dalam membangun conjecture dan data hasil ujian nasional tahun 2019 menunjukkan bahwa daya serap siswa tentang materi pola bilangan di sekolah SMP/MTs se Nusa Tenggara Barat tersebut di bawah 55. Artinya kemampuan conjecturing siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan masih belum sesuai harapan. Kurikulum yang digunakan di sekolah tersebut adalah kurikulum K 13 namun perangkat pembelajaran dan implementasinya tidak K 13. Kemampuan conjecturing siswa yang tidak sesuai harapan tidak terlepas dari peran guru selama proses pembelajaran matematika berlangsung. perangkat pembelajaran menjadi dasar dalam pelaksanaan pembelajaran. Salah satu pendekatan yang direkomendasikan untuk menciptakan pembelajaran matematika yang efektif dan dapat membantu siswa membangun conjecture adalah Problem Based Learning (PBL). PBL merupakan pembelajaran konstruktivis yang menitikberatkan pada aspek pemecahan masalah. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu dikembangkan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Conjecturing Siswa SMP. Perangkat pembelajaran yang dimaksud adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar, Lembar Kerja Siswa, dan Instrumen Evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pengembangan dimodifikasi dari Plomp & Nieveen (2010) Luaran penelitian berupa Dokumen pendaftaran hak cipta (Publish), Artikel di Jurnal Internasional Terindeks di Pengindeks Bereputasi (publish), dan Artikel di Jurnal Nasional terakreditasi peringkat 1-3 (publish)
Item Type: | Artefact |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning; kemampuan conjecturing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Biro > Biro Administrasi Umum |
Depositing User: | Admin Jafung UNDIKMA |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 06:37 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 06:37 |
URI: | http://repository.undikma.ac.id/id/eprint/607 |
Actions (login required)
View Item |