Sutarto, Sutarto and Dwi Hastuti, Intan and Bachtiar Maulachela, Adam (2022) Kontrak Penelitian Desentralisasi Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi 2022 ; "Pengembangan Teknologi Asistif untuk Meningkatkan Kemampuan Conjecturing Siswa Slow Learner Pada Materi Pola Bilangan". [Artefact]
Text
21. Syarat Tambaha_Kontrak Penelitian Terapan 2022.pdf Download (2MB) |
Abstract
Salah satu standar penalaran mulai dari pra TK sampai SMA adalah membuat dan menyelidiki konjektur matematis. Membuat konjektur adalah penting karena berfungsi sebagai dasar untuk mengembangkan wawasan baru dan meningkatkan kajian yang lebih lanjut. Kemampuan membuat dan menyelidiki konjektur disebut dengan kemampuan conjecturing. Berdasarkan hasil tes kemampuan conjecturing dalam ujicoba terbatas di SMP Negeri 19 Mataram, SMP 11 Mataram, MTs Nahdlatul Mujahidin, dan SMPN 6 Mataram pada materi pola bilangan tahun 2021 (Penelitian Terapan), diperoleh 45,6 % siswa belum berhasil dalam membangun conjecture dan setelah di identifikasi lebih lanjut oleh Lembaga Konsultasi dan Tes Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika terdapat 21,5 % siswa Slow Learner. Siswa tersebut mengalami kesalahan dalam mengamati kasus, mengorganisir kasus, mencari dan memprediksi pola, serta merumuskan konjektur. Kesalahan- tersebut terjadi karena salah satunya adalah siswa lamban belajar (Slow learner).Pada umumnya siswa slow learner memiliki prestasi belajar yang lebih rendah daripada siswa reguler. Dari hasil wawancara dengan siswa, beberapa hambatan yang paling umum mereka hadapi adalah sebagai berikut: 1) kesulitan memahami konsep abstrak; 2) mempunyai motivasi belajar yang rendah; 3) membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memahami dan 4) membutuhkan pengulangan dalam penjelasan materi; 4 siswa slow learner merupakan generasi Z yang tidak bisa lepas dari smartphone serta membutuhkan teknologi bantu dalam belajarnya. Salah satu cara untuk membantu siswa slow learner adalah dengan mengembangkan teknologi asistif untuk meningkatkan kemampuan conjecturing siswa. Teknologi asistif adalah sebuah teknologi yang secara khusus dibuat untuk memperbaiki kemampuan orang berkebutuhan khusus dalam menyelesaikan permasalahan yang tidak mampu mereka selesaikan. Pemanfaatan teknologi asistif untuk memotivasi dan menyenangkan, dilaksanakan secara berkelanjutan, memfasilitasi peserta didik dalam belajar mandiri, dan membantu peserta didik agar dapat menyelesaikan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pengembangan teknologi asistif untuk meningkatkan kemampuan conjecturing siswa slow learner pada materi pola bilangan. Teknologi asistif yang dikembangkan berbasis mobile application yang memiliki fitur popup dan lack, yaitu kemampuan aplikasi mengambil alih layar smartphone, sehingga pengguna dipaksa untuk menyelesaikan aktivitas belajar sesuai yang dijadwalkan. Dalam mendukung kinerja aplikasi, dibutuhkan bahan ajar yang terdiri dari video pembelajaran/tutorial, lembar kerja siswa, materi ajar, dan soal latihan. Model pengembangan teknologi asistif / perangkat lunak yang digunakan adalah model Rapid Application Development (RAD) dengan tahapan: (1) Perencanaan Kebutuhan (Requirement Planning), (2) Pengembangan Prototipe (User Design), (3) Pengembangan Sistem (Construction), dan (4) Finalisasi fase RAD (Cutover). Penggunaan model ini didasarkan pada aspek waktu pengembangan yang relatif lebih singkat. Luaran yang dihasilkan pada tahun 1 adalah HKI Buku Ajar Matematika Materi Pola Bilangan dan Konfigurasi Objek Kelas VIII (Published), Rancangan/Arsitektur Teknologi Asistif iCendekia, Artikel jurnal International bereputasi Res Militaris (Published) dan artikel pada Seminar international (LOA dan E-Sertifikat). TKT Penelitian 4-6.
Item Type: | Artefact |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknologi Asistif; Kemampuan Conjecturing; Slow Learner |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Biro > Biro Administrasi Umum |
Depositing User: | Admin Jafung UNDIKMA |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 06:38 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 06:38 |
URI: | http://repository.undikma.ac.id/id/eprint/608 |
Actions (login required)
View Item |