Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Untuk Anak-Anak TPQ Desa Setuta dalam Mendukung Pengembangan Anak Usia Dini Desa Setuta

Maulana, Lalu Ahmad Angga (2022) Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Untuk Anak-Anak TPQ Desa Setuta dalam Mendukung Pengembangan Anak Usia Dini Desa Setuta. Other thesis, Universitas Pendidikan Mandalika.

[img] Text
162. Lalu Ahmad Angga maulana_Artikel KKN-T MBKM 2022.pdf

Download (417kB)

Abstract

Desa Setuta yang juga merupakan desa pemekaran tahun 2010 dari desa Janapria. Metode pelaksanaan dilakukan dengan percobaan, penyuluhan, dan praktik. Pengabdian ini mengidentikkan pada praktik untuk memamfaatkan kotoran ternak dan melibatkan percobaan untuk membuat pupuk cair. Respon para peternak kambing dan petani di Desa Sekaroh sangat antusias, aktif, dan melakukan timbal balik. Berdasarkan hasil pelatihan pembuatan pupuk organik cair dari kotoran ternak kambing kepada para peternak kambing dan petani menunjukkan bahwa aplikasi pupuk cair mampu meningkatkan pertambahan tinggi dan kesuburan tanaman. Sejak pelaksanaan kegiatan belajar dan bermain bersaama anak- anak desa Setuta, Tim KKN merasakan beberapa perbedaan yang dilakukan anak-anak yang mengikuti kegiatan dimana mereka sering menanyakan jadwal kegiatan belajar dan bermain (Gambar 1). Bahkan mereka sudah berani untuk mendekati Tim KKN untuk berinteraksi langsung baik mambahas kegiatan belajar maupun bertanya terkait kegiatan yang dilakukan (Gambar 2). Dari keadaan tersebut dapat dikatak bahwa solusi ini menunjukan hasil positif dari kegiatan yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: “KKN Tematik: MBKM Berbasis Pendidikan & Pemberdayaan”
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bahasa, TPQ, Pengembangan anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Unit > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Depositing User: Admin LPPM UNDIKMA
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:37
Last Modified: 15 Feb 2023 07:51
URI: http://repository.undikma.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item