BUKTI CORESPONDING: Etnomatematika: Eksplorasi Kebudayaan Mbojo Sebagai Sumber Belajar Matematika

Sutarto, Sutarto and Ahyansyah, Ahyansyah and Mawaddah, Sukma and Hastuti, Intan Dwi (2020) BUKTI CORESPONDING: Etnomatematika: Eksplorasi Kebudayaan Mbojo Sebagai Sumber Belajar Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika). (Submitted)

[img] Text
Bukti Coresponding 2.22 Etnomatematika_Eksplorasi Kebudayaan Mbojo_ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur budaya suku mbojo yang terdiri atas rumah tradisional uma (rumah) lengge, tembe (sarung) nggoli, alat musik tradisional genda, uma (rumah) jompa, dan kegiatan jual beli masyarakat suku mbojo di pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksplorasi dengan pendekatan etnografi. Pada pendekatan etnografi, peneliti perlu menggali suatu konsep atau masalah dengan menelaah suatu kejadian atau peristiwa. Penelitian kualitatif mendeskripsikan dan memahami suatu fenomena sosial yang berada di sekitar lingkungan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data berupa wawancara, eksplorasi, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pada tembe (sarung) nggoli terdapat konsep matematika yaitu geometri transformasi, segitiga samasisi, segiempat “belah ketupat”; (2) pada uma jompa terdapat konsep matematika yaitu bangun ruang gabungan kubus dan prisma segiempat, persegi panjang pada beberapa bagian penyusun uma jompa; (3) pada kegiatan jual beli masyarakat suku mbojo terdapat konsep matematika yaitu konsep pengukuran.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Mbojo, Matematika.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: lp3m-repo
Date Deposited: 29 Oct 2022 02:32
Last Modified: 22 Feb 2023 18:57
URI: http://repository.undikma.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item