Sutarto, Sutarto and Ahyansyah, Ahyansyah and Mawaddah, Sukma and Hastuti, Intan Dwi (2022) Cek Plagiasi: Etnomatematika: Eksplorasi Kebudayaan Mbojo Sebagai Sumber Belajar Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika). (Submitted)
Text
Cek Plagiasi_Artikel 2.20 Etnomatematika_Eksplorasi Kebudayaan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur budaya suku mbojo yang terdiri atas rumah tradisional uma (rumah) lengge, tembe (sarung) nggoli, alat musik tradisional genda, uma (rumah) jompa, dan kegiatan jual beli masyarakat suku mbojo di pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksplorasi dengan pendekatan etnografi. Pada pendekatan etnografi, peneliti perlu menggali suatu konsep atau masalah dengan menelaah suatu kejadian atau peristiwa. Penelitian kualitatif mendeskripsikan dan memahami suatu fenomena sosial yang berada di sekitar lingkungan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data berupa wawancara, eksplorasi, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pada tembe (sarung) nggoli terdapat konsep matematika yaitu geometri transformasi, segitiga samasisi, segiempat “belah ketupat”; (2) pada uma jompa terdapat konsep matematika yaitu bangun ruang gabungan kubus dan prisma segiempat, persegi panjang pada beberapa bagian penyusun uma jompa; (3) pada kegiatan jual beli masyarakat suku mbojo terdapat konsep matematika yaitu konsep pengukuran.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Mbojo, Matematika. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | lp3m-repo |
Date Deposited: | 29 Oct 2022 02:37 |
Last Modified: | 29 Oct 2022 04:02 |
URI: | http://repository.undikma.ac.id/id/eprint/497 |
Actions (login required)
View Item |